#Mood Booster : Agar Aktifitas Kita selalu diberkahi

(Sumber gambar dari Google)

Mengapa terkadang kita merasa berat untuk melakukan kebaikan, misal hati kadang merasa berat saat disuruh membantu orang tua, saat melaksanakan ibadah, menyedekahkan harta ataupun untuk melakukan kebaikan lainnya, kadang hati merasa terbebani.

Mengapa hal itu bisa terjadi? Itu terjadi karena kita tidak menyertakan Allah dalam aktifitas, sehingga merasa terbebani dan berat, tapi bila menyertakan Allah dalam setiap aktifitas, maka pekerjaan seberat apapun akan terasa ringan bila ada Allah (di hati kita).

Bagaimana caranya menyertakan Allah dalam aktifitas? Niatkan lah bahwa segala apa yang kita lakukan semata-mata kita itu ingin agar Allah senang terhadap apa yang kita lakukan, misalnya menurut dan berbakti kepada orang tua, bukan karena kita ingin orang tua selalu baik kepada kita atau agar dikatakan sebagai anak soleh, berbakti kepada orang tua karena kita itu ingin Allah itu senang terhadap kita, kalau bahasa agamanya adalah Ridho, kita ingin mencari keridhoan Allah semata.
Karena Allah itu memerintahkan kita untuk berbakti kepada orang tua, siapa sih yang gak seneng kalo perintahnya dijalanin dan dilaksanain, tapi walaupun begitu, Allah gak ngambil faedah ataupun keuntungan terhadap ibadah atau kebaikan yang kita lakuin, dan kalo hambanya kafir, membangkang terhadap Allah sekalipun, Allah gak akan rugi sama sekali, justru apa-apa yang dilakukan oleh hambanya akan kembali kepada diri si hamba tersebut, akan kembali ke diri kita sendiri, setiap perbuatan yang kita lakuin bakal kembali kepada diri kita.

Kalo kita berlaku baik, maka kebaikan tersebut akan kembali kepada kita, Kalo kita berlaku buruk, maka keburukan itu akan kembali kepada diri kita.

Jadi kalau pengen setiap aktifitas yang kita lakuin itu menjadi ringan, Kalau ibarat bahasa sosmednya mh, kita itu ingin agar Allah itu nglike, ngrepost dan ngretweet setiap postingan-postingan kita, postingan kita itu adalah sikap, akhlak dan perilaku kita, kita itu pengen setiap apa yang kita lakuin di hari itu diLike ama Allah, terus direpost kepada para malaikat, karena kalo ada seorang hamba yang melakukan sesuatu (kebaikan) karena Allah, maka Allah bakal menceritakan kepada para malaikatnya.
Kalau bahasa kitanya mah begini.

"Wahai Jibril, lihatlah hambaku melakukan ini karena Aku, ia mengerjakan ini karena Aku”. Allah seneng banget, nglike banget kepada hambanya itu, kepada hamba yang melakukan aktifitas sekecil apapun selalu melibatkan Allah di dalamnya, bahkan beli garam sekalipun.

"Yaa Allah hamba butuh garam, hamba minta garam yaa Allah, berikanlah kebaikan dan keberkahan di dalamnya"

nah setelah itu barulah pergi ke warung dan beli garam, terus apa bedanya? Tentu ada bedanya, sesuatu yang kita menyertakan doa dan nama Allah di dalamnya akan terdapat keberkahan, entah itu menulis, membaca, tidur bahkan dalam urusan sekecil apapun, kita selalu menyertakan Allah dengan cara memohon kepada-Nya

Misalnya mau membaca buku

"Yaa Allah, hamba akan membaca buku ini, berikanlah hamba kefahaman, kebaikan, kebermanfataan dan keberkahan di dalam membaca buku ini yaa Allah"

Atau saat mau nyuci piring
"Yaa Allah, Hamba akan mencuci piring, jadikanlah piring yang hamba cuci agar menjadi wadah yang bersih, dan menjadikan setiap makanan yang di letakan di atasnya menjadi baik lagi berkah" Seperti itulah kurang lebih cara agar hati kita selalu bersemangat dan ikhlas dalam setiap menjalankan aktifitas-aktifitas kebaikan.


Atau mau jalan kaki ke sekolah, kampus, ke masjid atau hang out, minta dulu ama Allah
"Yaa Allah, Hamba akan Hiking ke gunung bersama teman-teman, jadikanlah perjalanan kami bermanfaat dan selamat, jadikanlah perjalan kami ini untuk semakin menguatkan Keimanan dan penghamban kami kepada-Mu"
Wallahu'alam

#MoodBosster #KangSanik #Menulis #BelajarBaik #OneDayOnePost
#Motivation #Tasawuf #Artikelislam #Membaca
Wallahu'alam

Referensi : Ceramah Ustadz Hanan Attaki
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama