Keterampilan Menulis dan Kecerdasan Emosional


SANIKRADUFATIH - Keterampilan menulis adalah salah satu di antara ilmu paling tertua bagi peradaban manusia, tanpa mengenal tulis menulis, manusia takkan mengenal peradaban dan ilmu pengetahuan.

Catatan sejarah mendokumentasikan bahwa peradaban manusia mulai terbangun saat manusia mengenal tulisan, atau mendokumentasikan pengetahuannya dalam simbol tertulis atau tulisan.

Inilah yang disebut dengan zaman sejarah, yaitu saat manusia pertama kali mengenal tulis menulis. Sebelum manusia mengenal tulis menulis, zaman tersebut dinamakan sebagai zaman pra sejarah, karena, pada zaman itu sejarah belum terdokumentasi dalam bentuk tulisan atau simbol tulisan atau pun gambar.

Manusia pertama kali mendokumentasikan kehidupan dan pengetahuannya ke dalam simbol gambar di dinding gua, sampai kemudian berkembang dan simbol tersebut menjadi lebih sederhana, yang kemudian sekarang kita kenal sebagai abjad atau alfabet.

Tanpa keterampilan menulis, manusia takkan bisa memiliki peradaban dan perkembangan hidup. Hal itu menunjukkan betapa besarnya pengaruh dan manfaat dari menulis.

Keistimewaan lain pada keterampilan menulis adalah bisa menumbuhkan kecerdasan emosional, karena, saat manusia memiliki banyak beban di dalam pikiran atau hal apapun yang dirasakan oleh dirinya, ia bisa menuangkan segala rasa emosionalnya kepada sebentuk tulisan.

Dalam beberapa penelitian, seperti Harvard University, McGill University Canada, membuktikan penelitian bahwasannya orang-orang yang memiliki keterampilan menulis, memiliki daya intelektual dan emosional yang lebih stabil dan cenderung bertumbuh.

Karena, ia menyalurkan dan mengungkapkan segala rasa emosional yang dirasakan ke dalam sebentuk tulisan, bahkan jika tulisan tersebut datang dari hati yang paling dalam dan ikhlas, tulisan tersebut mampu menggerakkan dan membangkitkan emosional rasa yang sama, seperti misalnya ikut merasakan bagaimana rasa pedihnya, atau bagaimana rasa bahagianya dan lain sebagainya.

Maka, memiliki keterampilan menulis, sangat lah penting, ia bisa menjadi salah satu tools yang bisa digunakan untuk melatih kecerdasan emosional. Sehingga membuat jiwa lebih lega, tenang dan matang.***
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama