Roller Coaster Kehidupan


SCALEUPJOURNEY - Pernah dengar permainan roller coaster, sejenis permainan kereta yang menggantung yang biasanya ada di taman hiburan, yang bisa membuat jantung berdegup kencang, serta berteriak tak karuan.

Ketika kita mau belajar dari banyak hal, termasuk permainan roller coaster, ternyata hidup pun tak ada bedanya dengan permainan roller coaster.

Banyak hal yang tak terduga bisa terjadi dan muncul begitu saja, bahkan untuk hal-hal yang tak pernah kita pikirkan sebelumnya, kadang kenyataan dari peristiwa tersebut membuat jantung kita berdegup, kadang tertegun dan kadang terkagum-kagum.

Ada yang naik secara perlahan ke puncak dan melihat takjubnya pemandangan, tapi kemudian jatuh dengan begitu cepat. Ada yang naik begitu lamban, namun pada akhirnya ia tetap naik juga dan berkesempatan melihat pemandangan indah. 

Berbagai hal bisa terjadi di kehidupan ini, ada yang pada mulanya sedang merasa bahagia, kehidupan keluarga begitu harmonis dan penuh cinta, tiba-tiba sebuah masalah muncul dengan begitu cepatnya, dan menghancurkan semuanya. 

Ada yang tadinya penuh keributan, masalah dan amarah, kemudian perlahan berubah menjadi cinta kasih dan kehangatan setelah melalui banyak hal yang berat, penuh tangis air mata dan waktu yang amat panjang. Ada yang terjadi begitu cepat dan ada juga yang terjadi begitu lambat.

Kadang kala, ada kejadian yang terjadi tanpa kita duga, tanpa kita pernah bersiap dengan hal itu, dan seolah ingin membuat kita teriak dengan kencangnya dan membuat kita jatuh.

Kadang kala, ada juga mendapati sesuatu yang sangat luar biasa, yang membuat amat bahagia, yang dalam pikiran saja tak pernah kita bayangkan sebelumnya.

Itulah roller coaster kehidupan, tinggal bagaimana kita menyikapi segala kejadian yang hadir dan menimpa kita.

Di hidup ini ada pahit, ada manis. Tapi, tidak semua yang pahit itu buruk, dan tidak semua yang manis itu indah. Yang harus kita sadari di hidup ini adalah bahwa segala sesuatu adalah ketidak tetapan, ketidak ajegan, tak ada yang tetap di dunia ini, dunia dan hidup ini selalu dinamis, tinggal bagaimana cara kita bisa menikmati gelombang aliran ataupun ombaknya yang berdebur.

Saat kita memahami dan menyadari bahwa hidup adalah ketidak tetapan, maka kita takkan terlalu khawatir ketika dihadapkan kepada berbagai kejadian di hidup ini, kita sikapi biasa saja, nama juga hidup, tinggal dijalani saja dengan baik. Cukup kita nikmati, hayati, syukuri dan maknai setiap peristiwa hidup yang menghampiri, entah peristiwa pahit atau manis, pada hakikatnya sama saja, semua kejadian itu hanya sementara, tinggal bagaimana kita memaknai dan mengambil pelajaran dari peristiwa tersebut.

Rahayu, rahayu, rahayu.***
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama