Kenapa Menulis?

Menulis adalah salah satu kegiatan yang memiliki banyak manfaat, bahkan menjadi salah satu perintis bagi peradaban umat manusia. Dengan menulis, manusia bisa mendokumentasikan pengetahuannya dengan lebih tahan lama, dengan menulis, manusia bisa melakukan transfer knowledge kepada generasi penerusnya.

Dengan menulis, manusia bisa merekam sejarah dan berbagai kejadian, misalnya, untuk mengetahui bagaimana kondisi dan keadaan dari suatu masa tertentu, kita bisa melihat dan membaca dari karya-karya yang ditulis pada zaman itu, dari situ akan membuat kita bisa mendapatkan gambaran tentang kondisi di masa tersebut.

Itulah alasan mengapa menulis sangatlah penting, memiliki kemampuan menulis sangatlah penting untuk dimiliki. Karena, segala sesuatu butuh dituliskan, untuk membuat sebuah aplikasi atau program, kita tetap harus menuliskannya ke dalam bahasa pemrograman, menggambarkan desain dan konsepnya ke bahasa tulisan agar lebih mudah difahami. Membuat event organizer, bisnis, keagamaan dan aktifitas apapun, pasti tulisan akan selalu ada dan dibutuhkan di manapun.

Tapi, menulis itu gampang-gampang susah, disebut gampang, karena kita tinggal menulis saja. Disebut susah, karena untuk membahasakan apa yang ingin kita sampaikan ke dalam bahasa tulisan, hal itu membutuhkan latihan, pembiasan dan mempelajarinya secara terus menerus. Belum lagi harus menggali ide tulisan dan lain sebagainya.

Untuk mensiasati hal tersebut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan lakukan, yaitu adalah dengan cara membiasakannya, memiliki lingkungan yang mendukung, rajin membaca, dan mempelajari tulisan atau karya orang lain, khususnya yang sudah berkompeten, untuk kita jadikan sebagai role model.

Jika dengan cara membiasakannya yaitu bisa dengan One Day One Post, yaitu dengan menulis satu hari satu tulisan dan diposting di blog. Siapa tahu di masa depan, tulisan-tulisan yang kita kumpulkan dan kita posting di blog, akan memiliki manfaat, atau setidaknya kita bisa tahu sejarah dan rekam jejak kita sendiri dalam menulis, misalnya ketika kita membaca suatu tulisan yang pernah kita tulis, kita bisa mengingat kembali mrmori kenangan tersebut. Menulis adalah merekam sejarah dan menyimpan kenangan.

2 Komentar

  1. Semua perlu di tulis, ya, termasuk list belanjaan saat mau ke pasar, biar endak ada yang kelupaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget kak, apalagi yg belanja para suami, itu mh wajib

      Hapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama