Resolusi Tak Ter-realisasi, Inilah Penyebabnya

Di awal tahun, biasanya selalu ditemukan istilah resolusi, hidup harus ada perubahan, harus ada perkembangan, bertumbuh dan lain sebagainya. Tapi, yang sering terjadi, resolusi yang ditulis itu terkadang hanya menjadi angan di atas kertas.


Nyatanya, hidup tetap begitu-begitu saja. Bahkan, sekarang banyak plesetan dan roasting terhadap istilah resolusi, bahwa resolusi hanyalah omong kosong belakang. Kemudian, muncul meme tentang resolusi, misalnya seperti yang di bawah ini.


"Resolusi 2022 adalah menjalankan resolusi 2021, yang ditulis sejak tahun 2020, direncanakan pada tahun 2019 dan sudah dipikirkan sejak tahun 2018."


Sungguh ironi sekali mendengar hal tersebut, jika memang demikian adanya, mari kita koreksi dan introspeksi bersama, sebenarnya, yang salah itu adalah resolusinya atau diri kita.


Ini hal yang jarang dan bahkan mungkin dilupakan kebanyakan orang, ingatlah, bahwa perubahan itu bukan didapat dari buku, bukan dari seminar, bukan dari pelatihan, bukan dari video motivasi ataupun tulisan ini.


Perubahan hidup itu berasal dari dalam diri kita sendiri, pertanyaannya adalah, apakah selama ini kita sudah mengenali diri kita?


Jangan-jangan, selama ini, kita hidup di luar diri kita sendiri, kita jauh dari hidup yang kita jalani, hidup selalu berdasarkan apa kata orang, hidup selalu mengikuti apa yang kemudian ditampilkan oleh sosial media, circle sosial dan lain sebagainya.


Sehingga kita tidak pernah bertanya kepada diri sendiri, berbicara lebih intim untuk berdialog dengan diri sendiri, menyelami sang jiwa dan diri kita sendiri, bertanya tentang mengapa dan kenapa, tentang siapa aku, apa yang harus aku lakukan, apa yang inginkan dan aku jalani di hidup ini.


Mungkin, selama ini, kita tidak pernah mengenal diri kita, tak pernah tahu hal apa yang sebenarnya ingin kita lakukan, karena kita jauh dengan diri kita sendiri. Maka, hal itu membuat kita kehilangan arah dan tidak tahu mengapa kita harus melakukan ini dan itu, hal apa yang mula-mula harus dilakukan.


Tak ada yang salah dengan resolusi-resolusi yang dibuat, yang diperlukan hanyalah kamu harus tahu, kenapa kamu harus melakukan hal itu, kenapa kamu harus menggapai ini dan itu, kenapa kamu harus bertumbuh, kenapa kamu harus berubah.


Pahami, kenali, selami dan temukanlah dirimu, rintangan se-sesakit apapun, halangan sebesar apapun, takkan membuatmu berantakan. Justru, hal tersebut malah semakin menguatkanmu, menjadi energi bagimu untuk terus bertumbuh menjadi lebih baik dari sebelumnya.


#selfdevelopment #humanresources #growthmindset #motivasi #mentalhealth

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama