Tidak ada kata terlambat untuk sebuah harapan dan cita-cita (tamat)


Mimpi Elon Musk untuk membangun perusahaan di bidang eksplorasi antariksa tak pernah padam, meskipun ia harus bersabar dan menunggu waktu yang lumayan lama, tapi ia terus menuju kepada impiannya tersebut.


Dan, pada akhirnya, perusahaan Tesla yang didirikannya berkembang pesat, dan menjadi portofolio bagi dirinya untuk menarik investor agar mau mendukung dan ikut dalam proyeknya, yaitu mendirikan SpaceX, dan pada akhirnya SpaceX pun berdiri, dan telah berhasil meluncurkan beberapa roket dan proyek luar angkasa lainnya.


Tentu saja, untuk sebuah mimpi dan cita-cita, banyak hal yang harus dikorbankan, apalagi jika mimpi itu adalah sesuatu hal yang besar. Asalkan engkau tetap pada jalurmu, engkau memiliki peta konsep dan tahu akan berjalan ke mana, jangan pernah takut untuk melangkah meraih mimpimu.


Dan, yang paling penting konsisten, jalan orang-orang besar adalah jalan yang sunyi, maka jangan berharap riuh tepuk tangan, mereka hanya akan bertepuk tangan ketika engkau sudah ada di puncak.


Tak perlu banyak bicara tentang apa yang akan engkau lakukan atau kemana kamu menuju, berjalan saja, lakukan dengan sungguh-sungguh dan dengan sebaik-baiknya persiapan, kemudian buktikan itu, tak perlu buru-buru, nikmati prosesnya sambil terus progress (proses yang berprogress). Untuk memacu dirimu, buatlah timeline dan deadline jika mau.


Dahulu, saya pernah memiliki seorang kakak senior, ia sangat ingin melanjutkan kuliah di Belanda, sampai kemudian ia memiliki anak dan istri, impiannya untuk bisa studi ke Belanda di bidang hukum dan politik, tak pernah ia bunuh, ia selalu percaya kelak moment itu akan datang, setiap ada kesempatan, ia selalu mencoba daftar dan tentunya mempersiapkan segalanya. Sampai pada akhirnya, di usianya yang hampir mentok untuk bisa S2 melalui beasiswa, yaitu 35 tahun, ia berhasil mewujudkannya.


Kemudian saya bertanya, bagaimana bila seandainya dia tak mendapatkan atau tak meraih mimpinya, dia bilang "Setidaknya, saya tidak pernah menyesal, karena sudah berupaya mengusahakannya dengan sungguh-sungguh, bila nasib baik, saya bersyukur jika bisa meraihnya. Tapi, jika pun belum, setidaknya saya bisa mengambil pelajaran dari pengalaman-pengalaman yang dilalui", segala sesuatu itu hanya tentang momen, kesempatan dan kesiapan saja.


Ketika momennya tepat, kesempatannya ada dan kesiapannya oke, maka terjadilah apa yang orang-orang bilang keajaiban. Keajaiban adalah serangkaian keberanian untuk melangkah meninggalkan zona nyaman, memiliki arah tujuan dan roadmap yang jelas terkait akan kemana kita berjalan atau menuju.


Dan, sebelum itu, kita akan diuji oleh banyak hal dan rintangan, yang sebetulnya untuk membuat diri kita memiliki banyak bekal dan pengalaman.

#dream #hope #value #grow #stepbystep

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama