Tips Bertumbuh Yang Bisa Kamu Coba di 2022



Hai rekan-rekan semua, bagaimana kabarnya hari ini, semoga senantiasa dinamis ya, hehehe. Aku mau berbagi tips sederhana yang bisa temen-temen coba di 2022. (Khususnya untuk single fighter)

"Barang siapa yang hari ini lebih baik dari hari kemarin, maka ia adalah orang yang beruntung (bertumbuh).
Yang hari ini sama dengan kemarin, maka ia adalah orang yang merugi (stagnan),
yang hari ini lebih buruk dari kemarin maka ia celaka (kemunduran)".

Berikut tips-tipsnya

1. Menabung dan Belajar Financial Literacy

Mulailah menabung, alokasikan dana tabungan dari setiap pendapatan yang kamu peroleh di setiap bulannya. Dan, alokasikan dana tabungan di awal, sebelum dibagi ke alokasi yang lain. Misalnya, 40% dialokasikan untuk menabung, 40% untuk biaya hidup dan keperluan sehari-hari lainnya, 20% untuk dana cadangan insidental. Itu hanya contoh ya, kemudian cobalah untuk belajar financial literacy, bagaimana memanajemen pengeluaran dan pemasukan.


2. Selektif Circle

Belajar untuk lebih selektif dalam memilih circle sosial, karena, itu akan berpengaruh terhadap kebiasaanmu. Tak apa tak punya banyak teman, lebih baik sedikit tapi berkualitas. Bukan berarti kita memilih-milih dalam berteman, silakan berteman dengan siapapun. Tapi, untuk circle, maka carilah circle yang bisa membuatmu scale up dan grow up. Bukan circle yang melulu membahas soal pribadi, seperti menikah, punya anak dll.

Kemudian, belajarlah untuk melihat sesuatu dengan ukuran prioritas, mana yang urgent dan mana yang tidak, mana yang harus dikerjakan segera, dan mana yang bisa ditunda. Mana quality time bareng temen, dan mana yang hanya waste time.

Pertahanankan komunikasi dan silaturahmi dengan orang-orang yang memiliki vibes dan value positive untuk perkembangan dirimu.

3. Berhemat dan Skala Prioritas

Cobalah untuk belajar menahan ego dari godaan marketing S3 ala marketplace, yang sering kali menawarkan berbagai diskon dan flash sale. Belilah sesuatu yang memang hanya kamu butuhkan dan perlukan, dan lihat skala prioritasnya.

Kalau aku biasanya untuk outfit, lebih memilih beli thrifting, fashion itu bukan soal brand, tapi tentang bagaimana kamu mempadu padankan apa yang kamu pakai, kece gak harus mahal.

Untuk makan, selama memenuhi unsur kebutuhan gizi, sehat dan halal, maka itu sudah cukup.

4. Pelajari Skill Baru

Cobalah untuk mempelajari skill baru, terutama yang bisa menunjang terhadap goals atau tujuan yang sedang kamu upayakan, misalnya skill menulis, public speaking, bahasa, office tools, digital marketing dll.

5. Kurangi Scroll Sosmed

Kurangi kebiasaan berlama-lama di sosmed, apalagi kalau sampai stalking mantan, penyakit banget itu, kalau bisa, buatlah durasi waktu yang ingin kamu gunakan dalam menggunakan sosmed. Misalnya, dalam satu hari, maksimal hanya 2 jam. Kecuali kalau kamu bekerja di bidang tersebut.

Kurangi menonton konten toxic dan waste time di sosmed. Pilih konten-konten positive yang bisa kasih kamu insight positive.
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama