Menyadari Kehidupan


Tahapan Kebahagiaan hidup (aku menyebutnya maqomat) kedudukan dalam proses kehidupan menuju kebahagiaan sejati itu terdiri atas 3, yang nanti akan ditulis terpisah di posting selanjutnya, tiga maqomat tersebut adalah Menyadari Kehidupan, Memaknai Kehidupan, Merayakan Kehidupan:

Pertama adalah Menyadari Kehidupan, menyadari kehidupan yaitu adalah manusia sadar akan keberadaan dirinya di dunia ini. Manusia adalah satu-satunya makhluk di bumi yang memiliki kesadaran tentang keberadaannya. Tanpa kesadaran akan keberadaan dirinya, maka manusia tak ada bedanya dengan mesin hidup atau robot atau bahkan binatang.

Karena bagi seekor Ayam tidak ada ayam dalam kehidupan ini, yang ia tahu hanya makan dan bertahan hidup. Ayam tidak pernah sadar akan keberadaan dirinya sebagai seekor ayam. Karena ayam tidak dikarunia kemampuan akan memahami kesadaran di dalam pikirannya.

Sehingga hidup yang dijalani oleh Ayam hanya mengikuti sebuah naluri untuk mempertahankan kehidupannya. Ayam tidak memiliki eksistensi keberadaan tentang dirinya, ayam hanya hidup, berkembang biak, makan dan lalu kemudian mati.

Berbeda dengan manusia, manusia yang telah menyadari eksistensialis dirinya dalam sebuah kehidupan maka ia akan lebih menghargai setiap momen dan fragmen hidup yang ia jalani.

#Theosof #YouthPhilosof #Consiusness
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama